Jumat, 10 Mei 2013


NEWS  RELEASE
No.  19 /PR/0513

Jakarta – Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia melalui PT Pos Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 8 Mei 2013 menerbitkan Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Internasional. Penerbitan prangko ini bertujuan untuk memperingati 150 tahun berdirinya Palang Merah Internasional.

Palang Merah Internasional merupakan lembaga internasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan dan tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Sementara itu, PMI dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.

Launching Prangko Amal 150 tahun Palang Merah Internasional ini bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan dihadiri oleh Direktur Pos Ditjen PPI depkominfo Wiryanta , Sekretaris Jendral PMI Budi A. Adiputro, Direktur Ritel & Properti Pos Indonesia Setyo Riyanto, Perwakilan Pejabat Palang Merah Internasional serta Dirut TMII.

“Penerbitan Prangko Amal 150 tahun Palang Merah Internasional ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pos Indonesia dalam mendukung segala bentuk aktivitas yang bersifat kemanusiaan. Kami percaya dengan sepak terjang Palang Merah Internasional selama ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dunia,” ujar I Ketut Mardjana disela peluncuran Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Internasional di Museum Perangko Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (8/5).


Penerbitan Prangko Amal 150 tahun Palang Merah Internasional ini sebagian hasil penjualannya akan diserahkan untuk aktivitas sosial yang dilakukan PMI. Ketut menambahkan, Pos Indonesia juga akan terlibat dan mendukung penuh serangkaian program sosialisasi yang dijalankan terkait penerbitan Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Indonesia. Dalam hal ini, Pos Indonesia berkerja sama dengan PMI akan melakukan Kegiatan Aksi Menulis Surat di 33 Propinsi yang akan melibatkan PMI, PMR, KSR, dan masyarakat umum. Diharapkan dengan Penerbitan Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Internasional dan berbagai rangkaian kegiatan tersebut akan dapat memberikan nilai tambah bagi Masyarakat.

“Dengan serangkaian sosialisasi yang kami lakukan bersama dengan PMI, kami berharap dapat ikut aktif dalam menyebarkan isu kemanusiaan yang bersifat positif yang selama ini menjadi fokus perhatian Palang Merah Internasional ke masyarakat Indonesia,” tutur Ketut.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengungkapkan apresiasinya terhadap pemerintah yang diwakili oleh PT Pos Indonesia yang menyelenggarakan acara peluncuran Prangko Amal 150 Tahun Palang Merah Internasional.

“Saya mengucapkan terimakasih atas penerbitan Prangko Amal  seri  150  tahun Palang Merah Internasional, yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan kemanusiaan, melalui Palang Merah Indonesia,” jelasnya.

Prangko Amal seri 150 Tahun Palang Merah Internasional diterbitkan dalam 2 keping prangko dengan latar belakang gambar wajah J Henry Dunant dan Aktivitas Tanggap Penanggulangan Bencana dengan copure Rp. 3.000 sudah termasuk donasi prangko Amal. Prangko tersebut dicetak sebanyak 1.000.000  Set. Adapun  desainer Prangko Amal ini adalah Indra Yogasara.

Selain itu, pada penerbitan tersebut juga diterbitkan SHP (Sampul Hari Pertama) dengan gambar latar belakang Aktivitas Tanggap Penanggulangan Bencana, dengan harga Rp. 8.500  dan dicetak sebanyak 4.000 buah. Sampul Hari Pertama 150 Tahun Palang Merah Internasional dirancang oleh desainer IndraYogasara. Keseluruhan Prangko Amal dan SHP dicetak di Perum Peruri.

Penerbitan Prangko Amal seri 150 Tahun Palang Merah Internasional melengkapi koleksi penerbitan Prangko bertema Palang Merah yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Hal ini bertujuan agar para filatelis dapat menambah materi menarik tentang tema kemanusiaan di Indonesia. Prangko seri Palang Merah  di Indonesia yang telah diterbitkan antara lain : 

1.    Tahun 1956  Seri Palang Merah Indonesia ( Indonesian Red Cross)
2.    Tahun 1963  Seri  Seabad Palang Merah ( Red Cross Centenary )
3.    Tahun  1969  Seri 50 Tahun Liga Palang Merah  ( 50 Years League Of Red Cross  Societies)
4.    Tahun  1981  Seri Donor Darah ( Blood Donor )
5.    Tahun  1988  Seri HUT ke 125 Palang Merah dan Sabit Merah Internasional                
       ( International Red Cross 125th Anniversary )
6.    Tahun  1991  Seri  46 TahunPalangMerah Indonesia ( 46 Years of Indonesian Cross Red ).
7.    Tahun  1999  Seri Kampanye Tahun Millenium Palang Merah dan Bulan Sabit Merah   
       ( Red Cross and Red Crescent Millenium Years Compaign )
8.    Tahun  2013 Seri 150 TahunPalangMerahInternasional  ( 150 Years International Red Cross ).



Tentang PT Pos Indonesia (Persero)
Pos Indonesia is The Network Company, Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas yaitu kurang lebih 3.800 Kantor Pos di Indonesia, dan 3.726 diantaranya telah Online. Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, Agensi/agenpos, Pos Keliling Kota/Desa, Pos Sekolah, Postmall, dll. Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantorpos merupakan media yang sangat strategis  menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa. Kami memiliki jaringan yang didecated, sistem distribusi, Track&Trace, Layanan Prima, kecepatan dan ketepatan serta harga yang kompetitif. Kini, Pos Indonesia tengah menjalankan layanan e-commerce yaitu Plazapos.com. Plazapos.com adalah layanan ecommerce satu-satunya yang mengintegrasikan kekuatan collecting dan delivery dalam satu pengelola, yaitu PT Pos Indonesia (Persero). Dengan 3.726 kantor pos yang sudah online di seluruh Indonesia, kehadiran plazapos.com akan memudahkan masyarakat di daerah pelosok sekalipun untuk berbelanja karena tinggal datang ke Kantor Pos terdekat dan memesan barang.  Soal pembayaran, cukup dilakukan di Kantor Pos. Barang yang dipesan kemudian diantarkan ke rumah pemesan oleh kantor pos. Untuk pilihann barang, sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan di Singapura yang memiliki 2 juta produk, yang kemudian akan menggandeng perusahaan lokal.

Tentang Palang Merah Indonesia
PMI merupakan organisasi netral dan independen, berkegiatan untuk kemanusiaan. Lahir pada 17 September 1945, PMI memiliki mandat utama yaitu membantu meringankan penderitaan masyarakat melalui respon bencana dan pertolongan pertama. PMI berpegang teguh pada 7 prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yaitu kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kesamaan, kemandirian, kesatuan, dan kesemestaan.

Prioritas kerja PMI lainnya adalah meningkatkan penyediaan jumlah darah, terlibat dalam gerakan kebersihan lingkungan, menjalankan program kacamata untuk rakyat tidak mampu dan memberikan pelatihan pertolongan pertama.  Saat ini PMI berada di 33 propinsi dan 412 cabangnya di tingkat kabupaten/kotamadya dengan 120 ribu relawan tersebar di Indonesia.



Manager Public Relations

A.  S O F I A N

0 komentar:

Posting Komentar

JNE - Express Across Nations